Generasi Muda Sebagai Target Potensial Mobile Advertising

generasi muda mobile adSalah satu unsur dari strategi pemasaran adalah menganalisis target pasar yang cocok untuk produk atau jasa. Jika kebetulan sasaran utamanya adalah remaja dan orang muda maka pemasar akan memiliki kesempatan untuk menarik sebagian besar audiens dari para pemakai teknologi internet ini. Mereka juga memiliki keinginan kuat untuk mencoba sesuatu yang baru yang menarik keingintahuan mereka. Namun perlu dicatat bahwa pemasaran untuk anak muda tidak bekerja dengan menerapkan strategi pemasaran yang sama untuk khalayak umum. Pemasar harus berpikir seperti orang-orang muda sehingga target mereka dapat tercapai.

Kaum muda memiliki populasi pengguna media online yang besar. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk chatting, memeriksa situs jejaring sosial, menonton video online, mengirim email dan browsing di internet. Ini adalah pasar potensial yang besar jika pemasar ingin sepenuhnya menggunakan media internet. Kaum muda tidak hanya menggunakan media komputer pribadi untuk browsing internet, mereka juga menggunakan ponsel mereka atau smartphone mereka untuk tetap dapat berinternet.

Banyak remaja sekarang ini sangat kecanduan dengan smartphone mereka. Ini adalah salah satu bukti bahwa remaja selalu membawa ponsel mereka di mana saja. Mereka tidak meninggalkan rumah tanpa ponsel mereka. Karena itu juga situs jejaring sosial lebih sering digunakan generasi muda daripada generasi yang lebih tua. Ini merupakan keuntungan besar bagi pemasar yang lebih memilih untuk menggunakan mobile marketing untuk menjangkau pengguna target mereka.

Tetapi masih ada kendala dalam menjadikan audiens muda sebagai target potensial seperti halnya kaum muda senang mengerjakan aktivitas apapun di saat bersamaan (multitasking) sehingga kebanyakan dari mereka memiliki waktu yang singkat untuk memperhatikan sebuah iklan. Mobile ads yang mirip dengan aplikasi pada smartphone dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Sebagai contoh, sebuah iklan smartphone dapat memberitahu pengguna untuk mengguncang (shake) ponselnya untuk menampilkan sebuah iklan atau iklan yang memberitahu pengguna untuk menghapus layar berkabut (the fogged) sehingga iklan dapat muncul di layar ponsel. Mereka suka bermain game jadi jika iklan yang ditampilkan interaktif dan menyenangkan, itu akan membuat mereka tetap fokus pada iklan yang ditawarkan.